Hukum Aqiqah Dalam Islam

Posted by Danang Rajid Pamungkas on 07:12 AM, 09-Jan-13 • Under: Hukum Islam

Hukum Aqiqah Dalam Islam

Pengertian aqiqah.

Aqiqah berarti memutus dan melubangi, dan ada yang

mengatakan bahwa akikah adalah nama bagi hewan yang disembelih,

dinamakan demikian karena lehernya dipotong, dan dikatakan juga bahwa

akikah merupakan rambut yang dibawa si bayi ketika lahir. Adapun maknanya secara syari’at adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan.

Aqiqah dalam istilah agama adalah sembelihan untuk anak yang baru lahir

sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dengan niat dan

syarat-syarat tertentu. Oleh sebagian ulama ia disebut dengan nasikah

atau dzabihah (sembelihan).

Hukum aqiqah.

Hukum aqiqah itu sendiri menurut kalangan Syafii dan Hambali adalah

sunnah muakkadah. Dasar yang dipakai oleh kalangan Syafii dan Hambali

dengan mengatakannya sebagai sesuatu yang sunnah muakkadah adalah hadist

Nabi SAW. Yang berbunyi, "Anak tergadai dengan aqiqahnya. Disembelihkan

untuknya pada hari ketujuh (dari kelahirannya)". (HR al-Tirmidzi, Hasan

Shahih)

Hikmah Akikah.

  1. Menghidupkan sunah Nabi Muhammad Shallallahu alahi wa sallam dalam meneladani Nabiyyullah Ibrahim alaihissalam tatkala Allah Subhanahu wa Ta’ala menebus putra Ibrahim yang tercinta Ismail alaihissalam.

  2. Dalam akikah ini mengandung unsur perlindungan dari syaitan yang dapat mengganggu anak yang terlahir itu, dan ini sesuai dengan makna hadis, yang artinya: “Setiap anak itu tergadai dengan akikahnya.”. Sehingga Anak yang telah ditunaikan akikahnya insya Allah lebih terlindung dari gangguan syaithan yang sering mengganggu anak-anak. Hal inilah yang dimaksud oleh Al Imam Ibunu Al Qayyim Al Jauziyah "bahwa lepasnya dia dari syaithan tergadai oleh akikahnya".

  3. Akikah merupakan tebusan hutang anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari perhitungan. Sebagaimana Imam Ahmad mengatakan: "Dia tergadai dari memberikan Syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan akikahnya)".

  4. Merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan lahirnya sang anak.

  5. Akikah sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari'at Islam & bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.

  6. Akikah memperkuat ukhuwah (persaudaraan) di antara masyarakat.

Menurut Drs. Zaki Ahmad dalam bukunya "Kiat Membina Anak Sholeh" disebutkan manfaat-manfaat yang akan didapat dengan beraqiqah, di antaranya:

  1. Membebaskan anak dari ketergadaian

  2. Pembelaan orang tua di hari kemudian

  3. Menghindarkan anak dari musibah dan kehancuran, sebagaimana pengorbanan Nabi Ismail AS dan Ibrahim AS

  4. Pembayaran hutang orang tua kepada anaknya

  5. Pengungkapan rasa gembira demi tegaknya Islam dan keluarnya keturunan yang di kemudian hari akan memperbanyak umat Nabi Muhammad SAW

  6. Memperkuat tali silahturahmi di antara anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak yang baru lahir

  7. Sumber jaminan sosial dan menghapus kemiskinan di masyarakat

  8. Melepaskan bayi dari godaan setan dalam urusan dunia dan akhirat.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

60 responses to "Hukum Aqiqah Dalam Islam"

Leny on 08:21 AM, 30-Jan-13

Pertamax...blog ente sdh ane follow,klo sempet folback ya gan.. biggrin

marlan on 07:32 AM, 17-Apr-13

terima kasih atas infonya gan... semoga bermanfaat izin di share ya,,, www.akikah.net

poeji on 12:51 AM, 13-May-13

Kl Ŭϑάђ usia 30 Tɑ̤̈̊♓uϞ †̥̥åþĭ belum ϑĩ aqiqah gmn,άρά msh ßišª melakukan aqiqah?

Danang Rajid Pamungkas on 09:39 AM, 15-May-13

@poeji,Apabila orang tuanya dahulu adalah orang yang tidak mampu pada saat waktu dianjurkannya aqiqah (yaitu pada hari ke-7, 14, atau 21 kelahiran, pen), maka ia tidak punya kewajiban apa-apa walaupun mungkin setelah itu orang tuanya menjadi kaya. Jadi apabila keadaan orang tuanya tidak mampu ketika pensyariatan aqiqah, maka aqiqah menjadi gugur karena ia tidak memiliki kemampuan.

Sedangkan jika orang tuanya mampu ketika ia lahir, namun ia menunda aqiqah hingga anaknya dewasa, maka pada saat itu anaknya tetap diaqiqahi walaupun sudah dewasa.

Adapun waktu utama aqiqah adalah hari ketujuh kelahiran, kemudian hari keempatbelas kelahiran, kemudian hari keduapuluh satu kelahiran, kemudian setelah itu terserah tanpa melihat kelipatan tujuh hari.

THANKS UDA MAMPIR..

fariez on 01:32 PM, 29-May-13

ustad bisa tidak aqiqahnya diganti dengan uang ke panti asuhan sesuai dengan harga kambing yang akan di aqiqahi??mohon penjelasannya...

Danang Rajid Pamungkas on 07:31 AM, 30-May-13

@fariez mengganti aqiqah dengan sejumlah uang seharga hewan aqiqah lalu uang itu dibagikan pada fakir miskin tidak diperkenankan. Sebab, kedudukan aqiqah tidak bisa diganti dengan uang yang senilai daging aqiqah, aqiqah merupakan termasuk syari’at atau ketentuan Allah SWT yang makhsus dengan kelahiran anak, uang saja tidak dapat menggantikan posisi hikmah dan tujuan dari aqiqah. Thanks sudah berkunjung..

Nisa on 03:03 PM, 02-Jun-13

Boleh gak kambing hidup aqiqah d sumbang k panti asuhan?

septo on 09:03 AM, 03-Jun-13

pak ustad boleh g sih kl pake kambing betina buat akikah

Guslim on 03:23 PM, 12-Jun-13

Mau bantu sharing nih ah...
@Nisa : Boleh saja memberikan kambing yang masih hidup ke panti asuhan, namun dengan berpesan kepada pihak panti asuhan tsb supaya kambingnya disembelih dengan niat untuk aqiqah, dan sebaiknya anda memberikan uang juga untuk biaya memasak daging kambingnya tsb.

@Septo : Boleh beraqiqah dengan kambing betina, karena tidak ada anjuran yang mengkhususkan harus kambing jantan. Hanya himbauan saja, untuk anak laki-laki diaqiqahi dengan 2 ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan dengan 1 ekor kambing.

Demikian, semoga bermanfaat.

Danang Rajid Pamungkas on 04:22 PM, 13-Jun-13

@Nisa,Boleh, seperti penjelasan saudara Guslim.. smile

Danang Rajid Pamungkas on 04:23 PM, 13-Jun-13

@septo,Boleh aja seperti hadist ini "… tidak memberatkanmu apakah kambing itu jantan atau betina” (HR. Ahmad). maksutnya betina jantan tidak jadi perkara..

Danang Rajid Pamungkas on 04:23 PM, 13-Jun-13

@septo,Boleh aja seperti hadist ini "… tidak memberatkanmu apakah kambing itu jantan atau betina” (HR. Ahmad). maksutnya betina jantan tidak jadi perkara..

Danang Rajid Pamungkas on 04:23 PM, 13-Jun-13

@Guslim,Thanks ya saudaraku sudah bantu jawab.. smile

Manrik on 10:31 AM, 15-Jun-13

Saya telah mengadopsi anak laki-laki..., Pertanyaan Saya apakah boleh Saya Aqiqah untuk anak yang Saya Adopsi...?mohon bimbingan nya.?

Manrik on 10:35 AM, 15-Jun-13

Mohon petunjuknya tentang syarat-syarat kambing untuk Aqiqah....?(Kambing harus umur minimal berapa...,betina atau jantan...?)

Danang Rajid Pamungkas on 06:52 PM, 16-Jun-13

@Manrik,Secara asalnya Aqiqah disyariatkan diambil dari harta ayah si anak,akan tetapi boleh bagi selain Ayah tsb untuk mengaqiqahinya dan membiayai Aqiqah Tersebut dalam 2 keadaan berikut:
1. Si ayah menolak mengaaqiqahi atau kurang perduli dg masalah itu.
2. Jika orang yg mengaqiqahinya telah mendapat izin dari si ayah. seperti itu sepengetahuan saya.

Danang Rajid Pamungkas on 06:54 PM, 16-Jun-13

@Manrik, Syarat kambing aqiqah dari segi umur adalah ats-tsany (kambing yang telah genap 1 tahun) dan al-jadza’ (domba yang sudah genap enam bulan). kalau untuk jantan atau betina bisa disimak dari hadist “Untuk anak laki-laki dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.” (HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany). kesimpilannya jenis kelamin tidak berpengaruh. seperti itu saudara, maaf kalaun ada kekurangan.

army on 07:02 PM, 05-Jul-13

apakah orang mw mengaqiqahi blh ikt makan daging aqiqah mezki gk keseluruhan dan apa hukumnya .thanks

Danang Rajid Pamungkas on 11:11 AM, 15-Jul-13

@army,Mungkin hadist ini bisa menjelaskan pertanyaan saudara “Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh”. (HR al-Bayhaqi). dari hadist di atas bisa diambil kesimpulan bahwa daging boleh dimakan keluarga sendiri, tetapi ada yang mengatakan tidak boleh lebih dari sepertiga bagian. smile

bob on 12:04 PM, 19-Jul-13

Apakah boleh kalo orang tua nya belum be'aqiqah tp mau me'aqiqah anak nya.thank

Danang Rajid Pamungkas on 07:49 AM, 20-Jul-13

@ bob,Boleh saja. aqiqah tidak berhubungan dengan perkara orangtunya diaqiqah atua belum, tetapi orang tuanya mampu atau tidak. Kalau mungkin sewaktu jaman orang tuanya belum memiliki harta dan kemudian waktu masa anaknya orang tuanya sudah berharta. smile thanks sudah mampir saudaraku.

setiawan on 05:06 PM, 25-Jul-13

ma'af,sya akikah anak saya pada hari ke 5 kelahrannya tw kta orang jawa sepasar.gmana hukumnya n apakah syah yg sya lakukan.

Danang Rajid Pamungkas on 09:28 AM, 26-Jul-13

@setiawan, Asy Syarbini –rahimahullah- menjelaskan, “Jika orang tua tidak mampu melakukan aqiqah pada saat kelahiran, namun setelah itu ia mendapati kemudahan pelaksanaan aqiqah sebelum hari ketujuh kelahiran, maka ketika itu ia disunnahkan melaksanakan aqiqah. Jika orang tua mendapati kemudahan pelaksanaan aqiqah setelah hari ketujuh dan masih tersisa sedikit waktu istri mengalami nifas, maka sebagian ulama belakangan tidak memerintahkan untuk dilaksanakan aqiqah. Akan tetapi ulama Syafi’iyah menganjurkan dilaksanakannya aqiqah jika masih dalam masa nifas, inilah pendapat yang dikuatkan oleh Al Anwar. Seperti itu mungkin bisa menjawab pertanyaat saudara.

setiawan on 01:39 PM, 26-Jul-13

alhamdulillah,trimakash mas atas jwbnnya,,,trus ada 1 pertanyaan lg yg ganjil dlm masyarakat,,,jika seorang anak(laki2) lhr trus meninggal dan pda saat itu blum d akekahin,trus 10thn kmudian si orang tua bru mampu mlakukan akikah buat anaknya yg meninggal,yg jd pertanyaan,hukumnya gmana?n brapa kambing yg d sembelh ?

Danang Rajid Pamungkas on 10:27 AM, 27-Jul-13

@setiawan,disabdakan oleh Rosululloh 'alaihish sholatu was salaam:
“Setiap anak yang lahir tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuhnya dan diberi nama”. Jadi walaupun meninggal ttp sunah diaqiqah. Dalam Fatawa Lajnah Daaimah disebutkan:
Kalau bayi meninggal sebelum hari ke tujuh maka dia diaqiqahkan pada hari ke tujuh. Kematiannya sebelum hari ke tujuh bukanlah suatu halangan untuk melaksanakan aqiqah pada hari ke tujuh. Untuk jumlah tetap seperti pada fiqih. Mungkin ini bisa menjawab pertanyaan saudara.

jupri on 01:23 PM, 30-Jul-13

Salsabila

jupri on 01:25 PM, 30-Jul-13

Pingin sih aqiqah,tapi uangx belum ada gmna hukumx

zulena fitri yani kamarullah on 05:33 AM, 31-Jul-13

saya ingin tanya tentang hukum aqiqah yang apabila dilaksanakan tetapi orang yang bersangkutan sudah meninggal,, sedangkan iya meninggalkan harta warisan yang cukup banyak,, mohon jawabanya,, terima kasih smile

Danang Rajid Pamungkas on 09:20 AM, 31-Jul-13

@zulena fitri yani kamarullah,Walaupun yang bersangkuatn sudah meninggal, tetap disunahkan untuk aqiqah, seperti pada komentar diatas.

Danang Rajid Pamungkas on 09:38 AM, 31-Jul-13

@jupri,ya tidak apa-apa, Islam tidak memberatkan kog. wink

eni solikhati on 01:17 PM, 31-Jul-13

assalamu'alaikum wr wb,,,
saya mau tanya apakah boleh seorang menantu di aqikahi oleh mertuanya dan bgmn hukumnya? thanks

rudsel on 10:02 PM, 02-Aug-13

sy sdh usia 35th,,dl wkt byi blm di aqiqahin ortu,,skrang sy mau aqiqahin diri sndiri,,hkumny gmn? lbh baik sy laksanakn / tdk ? mksh.

Danang Rajid Pamungkas on 10:20 AM, 09-Aug-13

@rudsel,
Aqiqah sebenarnya merupakan tugas seorang ayah, bukan si diri sendiri, ada hadist yg mengatakan bahwa rasul mengaqiqah dirinya sendiri, ttpi hadist itu dhaif. Jika saudara mampu, sadaqahkan saja harta saudara, insyaAllah manfaat. Aamiin.

rianpraya@ymail.com on 06:11 AM, 13-Aug-13

assalamualikum bang.......... mau tanya kalau anak udah berusia 7 hari- 5 tahun belum di akikah karna tidak mampu trs di saat 10 tahun baru kita mampu hukumya g mana bang,?

Danang Rajid Pamungkas on 02:41 PM, 13-Aug-13

@rianpraya@ymail.com,
ika kasusnya seperti itu, maka si bayi tidak ada kewajiba apa2, istilahnya sudah gugur begitu..

sandy on 09:02 PM, 15-Aug-13

assalamu'alaikum bang...

Danang Rajid Pamungkas on 03:59 PM, 16-Aug-13

@sandy,
wa'alaikumsalam...

fathoni on 12:02 PM, 22-Aug-13

bagaimana orang berqurban tapi belum aqiqah,mana yang didahulukan aqiqah dulu atau qurban tmksh,wasssalamuaiakum wr.wb.

Syaiful on 04:05 PM, 22-Aug-13

Asslamualaikum

Gimana Klo Sudah umur 13th-40th blum diAqiqah ?


Aku sdh 13th tapi blum diAqiqah ,krn tdk Mampu

Wassalamualaikum

Danang Rajid Pamungkas on 08:52 PM, 22-Aug-13

@Syaiful,aqiqah itu untuk anak umur 1-7 apabila sudah lebih berati kita sudah tidak dibebani hukum aqiqah.

Danang Rajid Pamungkas on 08:53 PM, 22-Aug-13

@fathoni,aqiqah untuk anak 1-7 hari lebih diutamakan, karena hukumnya yg diutamaakan. menurut saya begitu.

lny on 05:32 PM, 26-Aug-13

waktu anak saya masih bayi , saya belum mampu untuk mengaqiqah dia...setelah 10 th mertua saya mengaqiqah bersama acara khitan . gimana hukumnnya ya ....

Danang Rajid Pamungkas on 10:12 AM, 27-Aug-13

@lny,ini saya kutipkan dari sebuah cerita, semoga bisa membantu. bdul Malik pernah bertanya kepada Imam Ahmad, “Bolehkah dia berakikah ketika dewasa?” Ia menjawab, “Saya belum pernah mendengar hadis tentang akikah ketika dewasa sama sekali.” Abdul Malik bertanya lagi, “Dulu bapaknya tidak punya, kemudian setelah kaya, dia tidak ingin membiarkan anaknya sampai dia akikahi?” Imam Ahmad menjawab, “Saya tidak tahu. Saya belum mendengar hadis tentang akikah ketika dewasa sama sekali.” kemudian Imam Ahmad mengatakan, “Siapa yang melakukannya maka itu baik, dan ada sebagian ulama yang mewajibkannya.” (Tuhfatul maudud, Hal. 87 – 88)

zainab on 10:38 AM, 30-Aug-13

ass wr wb
saya mw bertanya apakah boleh daging aqiqah sampai bermalam drumah?
ada sebagian yg blg tdk boleh
trims

SITY on 09:21 AM, 10-Sep-13

seandai nya saya melahirkan anak laki-laki, tapi saya hanya mampu untuk membeli kambing satu, bagaimana hukum nya ustadz? apakah boleh untuk yang satu kambing nya lagi menyusul?

rima on 12:07 PM, 10-Sep-13

saya mau tanya kalo aqiqah dibagikan ke kerabat tanpa dimasak boleh tidak

Danang Rajid Pamungkas on 01:46 PM, 29-Sep-13

@SITY,Rasulullah Saw sendiri diriwayatkan pernah mengaqiqohi Al-Hasan dan Al-Husain masing-masing dengan satu domba jantan. Perbuatan Rasulullah ini juga menguatkan bahwa anak-laki-laki boleh diaqiqohi dengan satu kambing dan itu sudah cukup. Abu Dawud meriwayatkan;

Dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi Saw menyembelih aqiqah untuk Al Hasan dan Al Husain satu domba, satu domba. (H.R. Abu Dawud)

Danang Rajid Pamungkas on 01:58 PM, 29-Sep-13

@rima,mungkin dalil ini bisa menjawab pertanyaan saudari. smile Hadits Aisyah ra., “Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh”. (HR al-Bayhaqi)
Dianjurkan agar dagingnya diberikan dalam kondisi sudah dimasak.

lina on 11:13 PM, 05-Oct-13

asalamualaikum,,mau tnya yg saya dngar ktnya org yg sdh mninggalpun wjib tuk d'akikahkn msal sya pnya ortu yg blm akikah tp bliau sdh mninggal nah apkh sbg anak sya wjib tuk mngakikhkn ortu sya??

Danang Rajid Pamungkas on 11:20 PM, 06-Oct-13

@lina,
Tidak, aqiqah itukan tanggungan seorang ayah, dan dilaksanakan pada hari ke 7 kelahiran.

Choco on 09:11 PM, 15-Oct-13

Boleh tidak kalo aqiqah dilaksanakan sekaligus acara nikahan??

Danang Rajid Pamungkas on 07:29 PM, 16-Oct-13

@Choco,
boleh, kan ada niatnya aqiqah. Semua tergantung dari niat.

iwanbawor25@yahoo.com on 12:30 AM, 25-Oct-13

saya mau nanya ,apa kah boleh aqiqah setelah 40 hari kelahiran

yockie marlan on 08:31 AM, 08-Nov-13

assalamualaikum.. Jazakallah ustad atas pencerahannya. mhn izin sharing www.akikah.net

Om Ibom on 09:24 AM, 19-Dec-13

Asslm ustad, maaf sebelumnya. pertanyaan saya, apa berdosa bila belum mampu mengakikahkan anak yg baru lahir? apa hukumnya yah shahih, terima kasih ustad smile

sunardipratama on 06:21 PM, 16-Jan-14

Assalammualaikum.

Saya mau nanya. Apakah boleh mertua mengaqiqahi menantu dan cucunya. Karena orang tua saya berniat untuk mengaqiqahi saya, istri dan anak saya.

IWAKA on 12:00 PM, 18-Jan-14

saya tanya org tua apa sy sudah akekah apa belum ortu jawab lupa lagi,nah itu gimana pa ustad mohon jelaskan..

iwaka on 12:02 PM, 18-Jan-14

pa ustad kaka saya sakit mendadak nah ada ustad yang bilang bahwa dia belum akekah apa benr demikian pak ustad mohon penjelasannya..

samsudin on 09:26 AM, 31-Jan-14

saya mau akikah anak saya tapi sekarang umurnya sudah 10th sama 2 th boleh ngga ya<br />

Danang Rajid Pamungkas on 09:10 AM, 07-Mar-14

Ilmunya Aqiqah diutamakan pelaksanaannya pada hari ke-7 dari kelahirannya. Adapun kalau belum bisa, boleh pada hari ke-14 atau hari ke-21 atau kapan saja dia mampu.
Imam Malik berkata "Pada Dhohirnya bahwa keterikatan pada hari ke-7 adalah atas dasar anjuran, andaikan pada hari itu belum bisa dilakukan maka sekiranya menyembelih pada hari ke-14, ke-8 ke-10 atau setelahnya itu, maka Aqiqah telah cukup karenanya Agama Islam memudahkan bukan menyulitkan."

Aqiqah menurut manzab syafii dan hambali adalah sunah muakad, itu adalah sebuah anjuran, jika tidak melaksanakannya pun tidak berdosa, jadi menurut saya adalah salah ketika orang sakit karena belum diaqiqah. jika orang itu sakit karena belum diaqiqah, berarti dengan kata lain ada hukuman bagi orang yang tidak diaqiqah, padahal hukum aqiqah adalah sunah muakad.

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images